TUGAS
PEMERIKSAAN AKUNTANSI 2
AUDIT
PEMASARAN
PT.
XYZ
Disusun
oleh :
Wurri
Dewasasri (27212773)
Yosi
Krista Agnesti (27212875)
Kelas
3EB14
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
DEPOK
2015
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan
petunjuk dan karuniaNya sehingga tugas
Tugas Audit Pemasaran
ini dapat terselesaikan.
Tugas Audit Pemasaran ini
disusun untuk memenuhi mata
kuliah Pemeriksaan Akuntansi 2.
Diharapkan
tugas
Audit Pemasaran ini
dapat menjadi salah satu sumber pembelajaran dan bahan diskusi bagi
mahasiswa serta pembaca pada umumnya dan juga sebagai
inspirasi untuk
belajar,
dan jangan pernah
takut untuk mengembangkan tentang dunia audit pemasaraan.
Ucapan
terimakasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah mendorong
tersusunya makalah ini,
serta
bimbingan yang diberikan oleh banyak pihak, oleh karena itu penulis
ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada dosen Pemeriksaan
Akuntansi 2 yang telah membimbing kami, sehingga dapat terselesaikan
tugas ini dengan tepat waktu.
Penulis
menyadari bahwa dalam tugas
Audit Pemasaran ini
masih sangat banyak kekurangan. Oleh karena itu penulis sangat
mengharapkan peran aktif dan kritik yang konstruktif dari pembaca
demi peningkatan kualitas tugas
Audit Pemasaran yang
akan penulis buat di masa mendatang.
Depok, 14
Mei
2015
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
CV. ANUGERAH
SEJAHTERA adalah perusahaan distribusi yang sepenuhnya dimiliki oleh
perusahaan mobil. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2006, namun
jaringan distribusi telah berkembang terus-menerus. Ada 20 dealer
yang tersebar melalui Indonesia saat ini, termasuk Jakarta, Jawa
Timur, Palembang, Pekanbaru, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda,
Makassar, Bali, dan Medan. Perluasan ini tentu tidak berencana
berhenti dan lebih jaringan distribusi akan datang. Perusahaan
induknya. Adapun tujuan CV. ANUGERAH SEJAHTERA ini adalah membuat
mobil yang fun to drive, untuk mengekspresikan semangat penuh gairah
otomotif kenikmatan yang mendorong maju, untuk memuaskan orang-orang
yang masih muda di hati dan cinta untuk mengemudi. Adalah salah satu
perusahaan mobil unik bahwa nilai-nilai kegembiraan dan pembebasan
yang diciptakan oleh gerakan - Zoom-Zoom maka roh adalah di jantung
dari setiap mobil. Selanjutnya, dalam menjalankan bisnis tumbuh dan
berkembang, CV. ANUGERAH SEJAHTERA Indonesia mempunyai beberapa Visi
dan Misi diantaranya :
1. Integritas: Kami
terus bertindak dengan integritas terhadap pelanggan kami,
masyarakat, dan pekerjaan kita sendiri.
2. Dasar-dasar atau
Flawless Execution: Kita mengabdikan diri kita kepada dasar-dasar,
dan membuat upaya mantap dalam langkah demi langkah mode.
3. Continuous Kaizen
(Continuous Improvement): Kami terus meningkatkan dengan
kebijaksanaan dan kecerdikan.
4. Challenger Roh:
Kita menetapkan tujuan tinggi dan tetap menantang untuk mencapainya.
5. Self Inisiatif:
Kami berpikir dan bertindak dengan "inisiatif diri sendiri".
6. Tomoiku (Mutual
Belajar atau People Development): Kita belajar dan mengajar satu
sama lain untuk saling kami pertumbuhan dan keberhasilan.
1.2.
Tujuan Penelitian
- Untuk mengetahui dan menganalisis kegiatan pemasaran di perusahaan
- Untuk mengetahui dan menganalisis kelebihan dan kekurangan kegiatan pemasaran di perusahaan tersebut
- Untuk mengetahui dan menganalisis naik dan turunnya harga penjualan produk perusahaan tersebut.
1.3.
Manfaat Penelitian
- Sebagai sumber informasi bagi pihak pemasar produk mobil bekas untuk dapat menentukan kebijakan dan pengembangan strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar, khususnya perilaku konsumen dalam membeli mobil bekas di PT. XYZ
- Sebagai penambah khasanah penelitian bagi Program Studi Akuntansi Pasca Sarjana Universitas Gunadarma.
- Sebagai penambah dan memperluas pengetahuan bagi peneliti dalam bidang pemasaran.
- Sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian pemasaran di masa yang akan datang.
BAB
II
PEMBAHASAN
Pengertian
Audit Pemasaran
Audit
pemasaran adalah pengujian yang komprehensif, sistematis, independen,
dan dilakukan secara periodik terhadap lingkungan pemasaran, tujuan,
strategi dan aktivitas perusahaan atau unit bisnis, untuk menentukan
peluang dan area permasalahan yang terjadi, serta merekomendasikan
rencana tindakan untuk meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan.
Tahapan
Audit Pemasaran
- Audit pendahuluan
- Review dan pengujian atas pengendalian manajemen perusahaan
- Audit lanjutan
- Pelaporan
Tujuan
Mengidentifikasi
ancaman-ancaman pemasaran yang dihadapi perusahaan dan merencanakan
perbaikan yang diperlukan untuk mengeliminasi ancaman tersebut.
Nama
Perusahaan : PT.
XYZ
Alamat : Jalan
Sejahtera
No. 4 Jawa Tengah
Tabel
6.1 Program Audit-Audit Pendahuluan
Nama
Perusahaan : PT.
XYZ
Program yang diaudit :
Pendahuluan |
Periode
Audit
|
No.
KKA:
|
|||||
Nomor
|
Kuesioner
dan Langkah Kerja
|
Waktu
yang Diperlukan
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Tujuan
audit
Untuk
mengetahui bagaimana pemasaran yang ada pada perusahaan yang
sedang mereka jalanin, agar bias mengetahui tentang unsur-unsur,
laba dan rugi dalam suatu perusahaan.
Strategi
pencapaian tujuan perusahaan
Rencana
jangka pendek dan jangka panjang
Jangka
pendek : Memenuhi target penjualan perusahaan
Jangka
panjang : Menjadi perusahaan yang terdepan penjualan mobil bekas
Ruang
lingkup audit
Kebijakan
Penetapan Harga
Produk
yang dihasilkan perusahaan
Mobil
|
||||||
Diaudit
oleh:
(……………….)
Tanggal:
………….
|
Jumlah
Jawaban
|
Catatan:
|
Direview
oleh:
(……………….)
Tanggal:
………….
|
||||
Ya
|
Tidak
|
||||||
Tabel
6.2 Program Audit–Review dan Pengujian Sistem Pengendalian
Manajemen
Nama Perusahaan :
PT. XYZ
Program
yang diaudit : Review dan Pengujian Sistem Pengendalian Manajemen
|
Periode
Audit
|
No.
KKA:
|
||||||
Nomor
|
Kuesioner
dan Langkah Kerja
|
Jawaban
|
Komentar
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
|||||||
1.
|
Tujuan
review dan pengujian atas pengendalian manajemen.
|
|||||||
2.
|
Apakah
departemen, perusahaan memiliki pernyataan tujuan secara tertulis?
Jika
Ya:
Periksa apakah
tujuan tersebut tersosialisasikan.
Nilai apakah
tujuan tersebut masih relevan dalam lingkungan bisnis saat ini.
Jika
Tidak:
Telusuri apa
tujuan yang ingin dicapai dari pengoperasian perusahaan tersebut.
|
Tujuan
dari pendirian perusahaan adalah menyediakan lapangan kerja dan
mencari keuntungan.
|
||||||
3.
|
Apakah
pemasaran perusahaan menyesuaikan tujuan dengan perubahan kondisi?
Jika
Ya:
Apakah tujuan
yang berubah ini tetap sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
Jika
Tidak:
Telusuri
bagaimana perusahaan beradaptasi dengan terjadinya perubahan
kondisi bisnis.
|
Secara
tidak langsung pemasaran tetap mengikuti perubahan yang terjadi.
|
||||||
4.
|
Apakah
perusahaan memiliki rencana bisnis (business plan) aktual
untuk dibandingkan nantinya dengan hasil yang dicapai?
Jika
Ya:
Telusuri apakah
rencana bisnis tersebut realistis.
Jika
Tidak:
Telusuri apa yang
menjadi pedoman dalam operasional perusahaan.
|
Rencana
bisnis biasanya dituangkan dalam bentuk target sehingga dapat
digunakan sebagai analisa hasil akhir yang dicapai.
|
||||||
Nomor
|
Kuesioner
dan Langkah Kerja
|
Jawaban
|
Komentar
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
|||||||
5.
|
Apakah
pemasaran melakukan studi terhadap keinginan, sikap, dan perilaku
pelanggan, sebelum memutuskan upaya pemasaran yang akan dilakukan?
Jika
Ya:
Telusuri peranan
hasil studi tersebut dalam penetapan program untuk memuaskan
pelanggan.
Jika
Tidak:
Telusuri dasar
penetapan upaya pemasaran.
|
Studi
yang dilakukan berdasarkan dari pengalaman dan respon dari
konsumen.
|
||||||
6.
|
Apakah
perusahaan telah menyusun upaya pemasarannya secara sistematis?
Jika
Ya:
Telusuri
bagaimana kedudukan organisasi pemasaran dalam struktur dan usaha
pencapaian keberhasil perusahaan.
Jika
Tidak:
Telusuri
bagaimana perusahaan menentukan peran, wewenang, dan tanggung
jawab pemasaran dalam pencapaian tujuan perusahaan.
|
Tenaga
pemasaran menjadi penopang utama kelangsungan hidup perusahaan
sehingga pemasaran menjadi yang utama dalam perusahaan.
|
||||||
7.
|
Apakah
perusahaan memiliki prosedur perencanaan pasar secara tertulis?
Jika
Ya:
Jika
Tidak:
Telusuri apa yang
dijadikan pedoman oleh manajemen dalam menyusun rencana.
|
Manajemen
melakukan perencanaan berdasarkan kondisi di luar.
|
||||||
8.
|
Apakah
perusahaan menggunakan prediksi pasar yang komprehensif dalam
menyusun rencana pemasarannya?
|
Perusahaan
memprediksi pasar dari beberapa sumber diantaranya mengamati
perusahaan yang serupa dan melakukan perbandingan mobil merek apa
yang banyak diminati konsumen dari situ dapat ditarik kesimpulan
segmen pasar yang hendak dipilih.
|
||||||
Nomor
|
Kuesioner
dan Langkah Kerja
|
Jawaban
|
Komentar
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
|||||||
Jika
Ya:
Jika
Tidak:
Telusuri apa yang
dijadikan dasar dalam menyusun rencana volume penjualan dan upaya
pemasaran pendukungnya.
|
||||||||
9.
|
Apakah
upaya pemasaran perusahaan didukung oleh SDM yang memadai?
Jika
Ya:
Telusuri
komposisi SDM pemasaran baik berdasarkan latar belakang
pendidikan, usia, dan pengalaman kerjanya untuk menentukan
kemampuannya dalam mendukung pencapaian tujuan pemasaran
perusahaan.
Jika
Tidak:
Telusuri
kontribusi SDM pemasaran dalam mendukung pencapaian tujuan
pemasaran perusahaan.
|
SDM
pemasaran memiliki pengalaman kerja pada bidang yang sama
sekurang-kurangnya 10 tahun dengan usia bervariasi dan pendidikan
minimal SMTA.
|
||||||
10.
|
Apakah
upaya pemasaran perusahaan didukung oleh sistem informasi
pemasaran yang memadai?
Jika
Ya:
Periksa apakah
sistem informasi tersebut mampu mengintegrasikan seluruh upaya
pemasaran dan mampu mensuplai informasi untuk pengambilan
keputusan dalam bidang pemasaran.
Jika
Tidak:
Telusuri
bagaimana perusahaan memenuhi kebutuhan informasinya untuk
pengambilan keputusan di bidang pemasaran.
|
Informasi
didapat dari surat kabar, internet, bursa otomotif dan asosiasi
pedagang mobil.
|
||||||
11.
|
Apakah
perusahaan menjadikan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai
kriteria dalam pengambilan keputusan?
|
Perubahan
yang terjadi tidak pernah didokumentasikan, berjalan begitu saja.
|
||||||
Nomor
|
Kuesioner
dan Langkah Kerja
|
Jawaban
|
Komentar
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
|||||||
Jika
Ya:
Jika
Tidak:
Nilai bagaimana
perusahaan beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang terjadi.
|
||||||||
12.
|
Apakah
perusahaan menjadikan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai
kriteria dalam pengambilan keputusan?
Jika
Ya:
Jika
Tidak:
Telusuri
bagaimana perusahaan melaksanakan tanggung jawab sosialnya.
|
Perusahaan
melakukan tanggung jawab social dengan cara mengikuti kegiatan di
lingkungan perusahaan sebagai sponsorship.
|
||||||
13.
|
Apakah
perusahaan mengendalikan aktivitas pemasarannya melalui analisis
biasa, analisis pasar, dan audit pemasaran?
Jika
Ya:
Jika
Tidak:
Telusuri
bagaimana perusahaan mengendalikan aktivitas pemasarannya.
|
Perusahaan
menggunakan analisis pasar. Karena analisis pasar tersebut dapat
memberikan pengaruh pada perusahaan.
|
||||||
Diaudit
oleh:
(……………….)
Tanggal:
………….
|
Jumlah
Jawaban
|
Catatan:
|
Direview
oleh:
(……………….)
Tanggal:
………….
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
|||||||
Tabel
6.8 Program Audit–Kebijakan Penetapan Harga
Nama Perusahaan :
PT. XYZ
Program
yang diaudit : Kebijakan Penetapan Harga
|
Periode
Audit
|
No.
KKA:
|
|||||||
Nomor
|
Kuesioner
dan Langkah Kerja
|
Jawaban
|
Komentar
|
||||||
Qs
|
Lk
|
Ya
|
Tidak
|
||||||
1.
|
Apakah
perusahaan memiliki: tujuan, kebijakan, strategi, dan prosedur
penetapan harga yang dinyatakan secara tegas?
Jika
Ya:
Periksa seberapa
efektif tujuan, kebijakan, strategi, dan prosedur tersebut
mendukung pencapaian tujuan pemasaran perusahaan.
Jika
Tidak:
Telusuri apa yang
menjadi dasar dalam penetapan harga produk perusahaan.
|
Karena
harga yang ditentukan pada pelanggan dapat ditawar sesuai dengan
kondisi pemasaran yang ada
|
|||||||
2.
|
Apakah
strategi harga perusahaan sesuai dengan aturan dan ketentuan
pemerintah?
Jika
Ya:
Telusuri
bagaimana harga yang ditetapkan perusahaan mengadopsi kepentingan
pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.
Jika
Tidak:
Telusuri
bagaimana perusahaan menetapkan harga.
|
Karena
bergerak dalam bisnis jual beli mobil bekas maka harga ditentukan
oleh keadaan pasar. Naik turunnya harga dipengaruhi oleh banyak
factor. Salah satunya adalah dengan banyaknya mobil baru dengan
harga murah yang berakibat pada turunnya harga mobil bekas.
|
|||||||
3.
|
Apakah
harga ditetapkan berdasarkan kriteria: biaya, permintaan,
persaingan?
Jika
Ya:
Telusuri
bagaimana harga ini menjadi realistis bagi pelanggan dan
kontribusinya terhadap keuntungan perusahaan.
Jika
Tidak:
Telusuri apa yang
menjadi dasar penentuan harga yang ditetapkan perusahaan.
|
Disesuaikan
dengan kondisi mobil yang hendak dijual kembali. Apabila kondisi
sangat baik maka harga yang ditawarkan juga tinggi. Apabila
keadaannya biasa saja maka harga yang ditawarkan juga akan lebih
murah.
|
|||||||
4.
|
Apakah
pelanggan melihat bahwa harga perusahaan sesuai dengan
penawarannya?
|
Bisa
dibuktikan dengan selalu kembalinya konsumen baik untuk menjual
maupun membeli mobil kembali. Biasanya mereka memilih untuk tukar
tmbah.
|
|||||||
Nomor
|
Kuesioner
dan Langkah Kerja
|
Jawaban
|
Komentar
|
||||||
Qs
|
Lk
|
Ya
|
Tidak
|
||||||
Jika
Ya:
Telusuri
tanggapan pelanggan melalui transaksi pemasaran kembali.
Jika
Tidak:
Telusuri komplain
pelanggan atas perbedaan antara yang dikomunikasikan perusahaan
dengan realitas yang terjadi di pasar.
|
|||||||||
5.
|
Apakah
manajemen mengetahui tentang elastisitas permintaan harga,
pengaruh kurva pengalaman, kebijakan penetapan harga pesaing?
Jika
Ya:
Telusuri
bagaimana pengaruh informasi tersebut terhadap keputusan harga
produk.
Jika
Tidak:
Telusuri
informasi yang digunakan manajemen dalam mengambil keputusan
tentang harga.
|
Biasanya
pihak perusahaan melinat harga pesaing melalui iklan dan browsing
di internet dan melihat kondisi dalam bursa otomotif.
|
|||||||
6.
|
Apakah
kebijakan penetapan harga telah disesuaikan dengan kebutuhan
distributor dan agen penjual, pemasok, serta peraturan pemerintah?
Jika
Ya:
Telusuri
bagaimana harga yang ditetapkan tersebut dapat menjaga stabilitas
margin perusahaan dan distributor.
Jika
Tidak:
Telusuri
bagaimana harga tersebut dapat mendukung hubungan dengan
distributor, pemasok dan peraturan pemerintah.
|
Karena
penjualan yang kita lakukan sudah sesuai dengan
peraturanpemerintah, sehingga penetapan harga sudah disesuaikan
oleh distributor.
|
|||||||
7.
|
Apakah
strategi harga tersebut dapat memuaskan anggota saluran
distribusi?
Jika
Ya:
Telusuri
loyalitas saluran dalam menghantarkan produk perusahaan ke pasar.
|
Karena
kepuasan yang perusahaan berikan dapat menambah pendapatan pada
distribusi yang kita jual
|
|||||||
Nomor
|
Kuesioner
dan Langkah Kerja
|
Jawaban
|
Komentar
|
||||||
Qs
|
Lk
|
Ya
|
Tidak
|
||||||
Jika
Tidak:
Telusuri dampak
ketidakpuasan tersebut terhadap keberadaan produk di pasar.
|
|||||||||
Diaudit
oleh:
(……………….)
Tanggal:
………….
|
Jumlah
Jawaban
|
Catatan:
|
Direview
oleh:
(……………….)
Tanggal:
………….
|
||||||
Ya
|
Tidak
|
||||||||
BAB
III
KESIMPULAN
AUDIT
Kesimpulan
Tabel 6.2 Program Audit – Review dan Pengujian Sistem Pengendalian
Manajemen
Perusahaan
memiliki tujuan perusahaan secara tertulis yaitu untuk mencari
keuntungan.Tujuan perusahaan dapat berubah seiring dengan kondisi
dari luar perusahaan. Rencana perusahaan biasanya dituangkan dalam
bentuk target sehingga dapat dilakukan analisa hasil akhir.
Perusahaan melakukan kegiatan pemasaran secara sistematis.Perusahaan
sebelumnya telah melakukan studi terhadap keinginan, sikap dan
perilaku pelanggan seperti respon dari pelanggan mengenai produk
kita.Dalam memasarkan produk perusahaan mempunyai pesaing. Untuk itu
perusahaan dapat memprediksi dari berbagai sumber antara lain
mengamati perusahaan serupa dan melihat mobil apa yang diminati oleh
masyarakat. Dalam melakukan pemasaran perusahaan didukung oleh sistem
informasi pemasaran yang memadai seperti surat kabar, internet, bursa
otomotif dan asosiasi pedagang mobil.
Kesimpulan
Tabel 6.8 Program Audit – Kebijakan Penetapan Harga
Perusahaan
tidak memiliki tujuan, kebijakan, strategi, prosedur dan penetapan
harga secara tegas.Hal tersebut dikarenakan perusahaan berpatokan
pada harga pasar.Apabila harga pasar tinggi, harga mobil
mahal.Apabila harga pasar rendah, harga mobil murah.Untuk menetapkan
harga, perusahaan mempertimbangkan kriteria biaya, permintaan dan
persaingan seperti kondisi mobil.Apabila kondisi bagus maka harga
tinggi, begitu juga sebaliknya.Perusahaan melihat harga sesuai dengan
penawarannya.Hal itu dapat dibuktikan dengan selalu kembalinya
konsumen untuk menjual atau membeli mobil.
- Kesimpulan dari hasil pemeriksaan, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
- Tentukan kriteria atau standar (pedoman, norma) dari produk tersebut
- Kriteria atau standar dari perusahaan tersebut adalah berdasarkan harga pasar. Sehingga perusahaan akan menyesuaikan harga produk yang dijual dengan harga pasar. Jika harga pasar tinggi maka penjualaan akan mahal dan sebaliknya jika harga pasar rendah maka penjualan murah.
- Sebutkan kondisi dari produk tersebut
- Kondisi dari produk perusahaan tersebut adalah bagus dan berkualitas, karena perusahaan tidak mungkin menjual produk dengan kualitas rendah. Sehingga kepuasaan pelanggan dapat meningkatkan penjualan dalam perusahaan tersebut
- Sebutkan penyebab (baik positif maupun negative) dari program / aktivitas berdasarkan hasil pemeriksaan
- Positif :
- Akan memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam setiap penjualan mobil yang dijual.
- Negatif :
- Akan menjadikan orang-orang berlaku komsumtif. Karena adanya mobil bekas yang terjangkau harganya dipasaran. Sehingga semua orang mudah untuk membelinya.
- Apa akibat yang dihasilkan dari kondisi tersebut terhadap keuangan maupun non keuangan
- Keuangan
- Dengan kegiatan pemasaran tersebut perusahaan menghasilkan pendapatan yang berguna untuk kelangsungan perusahaan. Jika pendapatan melampui target maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan atau laba.
- Non keuangan
- Dengan kegiatan pemasaran tersebut perusahaan dapat menjual produknya ke masyarakat. Dalam kegiatan pemasaran perusahaan mengupayakan usaha-usaha sehingga produk perusahaan tersebut dapat diketahui oleh masyarakat dan berminat untuk membelinya.
- Berikan rekomendasi atas temuan anda
- Sebaiknya perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor lain dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu mencari keuntungan. Karena dalam usaha tidak semua hanya mencari keuntungan tapi harus memperhatikan faktor lain dan peraturan yang telah diterapkan pada pemerintah.
BAB
IV
REKOMENDASI
Permasalahan
Dalam Temuaan Audit
Tabel
6.2 Program Audit-Review dan Pengujian sistem pengendalian manajemen.
- Apakah departemen perusahaan memiliki pernyataan tujuan secara tertulis ?
Jawab
: tidak
tujuan dari pendirian perusahaan adalah menyediakan lapangan kerja
dan mencari keuntungan.
Permasalahannya
: seharusnya perusahaan memiliki tujuan tertulis agar apa yang kita
lakukan atau yang sedang kita kerjakan bisa berjalan sesuai dengan
ketentuan atau peraturan yang telah kita buat sebelumnya dan
ketentuan yang sudah tertulis itu tidak dimanipulasi lagi oleh
anggota atau karyawan yang ada.
7.)
Apakah perusahaan memiliki prosedur perencanaan pasar secara tertulis
?
Jawab
: tidak
manajemen melakukan perencanaan berdasarkan kondisi pasar
Permasalahannya
: Seharusnya perusahaan memiliki caratan atau perencanaan secara
tertulis karena perencanaan yang secara tertulis itu dapat memberikan
jalan pemasaraan dipasarnya. Agar kita bisa mengetahui naik turunnya
kondisi dalam pasar. Dengan adanya prosedur yang tertulis dapat
memudahkan perusahaan dalam menjalankan prencanaan yang ada dalam
pasar.
12.)
Apakah perusahaan menjadikan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai
kreteria dalam pengambilan keputusan ?
Jawab
: tidak
perusahaan melakukan tanggung jawab sosial dengan cara mengikuti
kegiatan dilingkungan perusahaan sebagai sponsorship.
Permasalahnya
: Perusahaan memag seharusnya selalu mengikuti lingkungan
disekitarnya dan lingkungan pasar. Karena dengan adanya kita
mengikuti lingkungan yang ada, Perusahaan dapat mengetahui permintaan
dan penawaran yang ada dalam lingkungan pasar dan pengetahui
perkembangan pasar untuk dimassa yang akan datang.
Tabel
6.8 Program Audit-Kebijakan Penetapan Harga
- Apakah perusahaan memiliki tujuan kebijakan strategi dan prosedur penetapan harga yang dinyatakan secara tegas ?
Jawab
: tidak
karena harga yang ditentukan pada pelanggan dapat ditawarkan sesuai
dengan kondisi pemasaran yang ada.
Permasalahannya
: Perusahaan memang seharusnya harus menyesuaikan penawaran dengan
kondisi pasar yang ada, karena dengan adanya kita menyesuaikan
penawaran yang ada dipasar kita dapat memberikan kepuasan pada
pelanggan yang ingin berlagganan kepada kita da memberikan kenyamanan
dengan menyesuaikan tarif yang ada.
- Apakah strategi harga perusahaan sesuai dengan aturan ketentuan pemerintah ?
Jawab
: tidak
Karena bergerak dalam bisnis jual beli mobil bekas maka harga yang
ditentukan oleh keadaan pasar. Naik turunnya harga dipengaruhi oleh
banyaknya faktor. Salah satunya adalah dengan banyaknya mobil baru
dengan harga murah yang berakibat pada turunya harga mobil bekas.
Permasalahnnya
: Perusahaan memang seharusnya menyesuaikan dengan kebutuhan
pelanggan, Karena dengan adanya mobil baru dengan harga murah dapat
menurunkan produk dalam penjualan mobil bekas. Jadi perusahaan tidak
perlu menyesuaikan harga dengan pemerintah,Seharusnya memang
menyesuaikan dengan kondisi pasaran yang ada dikalangan pasarnya
sendiri.
BAB
V
PENUTUP
Perusahaan
memiliki tujuan perusahaan secara tertulis yaitu untuk mencari
keuntungan.Tujuan perusahaan dapat berubah seiring dengan kondisi
dari luar perusahaan. Rencana perusahaan biasanya dituangkan dalam
bentuk target sehingga dapat dilakukan analisa hasil akhir.
Perusahaan melakukan kegiatan pemasaran secara sistematis.Perusahaan
sebelumnya telah melakukan studi terhadap keinginan, sikap dan
perilaku pelanggan seperti respon dari pelanggan mengenai produk
kita.Dalam memasarkan produk perusahaan mempunyai pesaing. Untuk itu
perusahaan dapat memprediksi dari berbagai sumber antara lain
mengamati perusahaan serupa dan melihat mobil apa yang diminati oleh
masyarakat. Dalam melakukan pemasaran perusahaan didukung oleh sistem
informasi pemasaran yang memadai seperti surat kabar, internet, bursa
otomotif dan asosiasi pedagang mobil.
Perusahaan
tidak memiliki tujuan, kebijakan, strategi, prosedur dan penetapan
harga secara tegas.Hal tersebut dikarenakan perusahaan berpatokan
pada harga pasar.Apabila harga pasar tinggi, harga mobil
mahal.Apabila harga pasar rendah, harga mobil murah.Untuk menetapkan
harga, perusahaan mempertimbangkan kriteria biaya, permintaan dan
persaingan seperti kondisi mobil.Apabila kondisi bagus maka harga
tinggi, begitu juga sebaliknya.Perusahaan melihat harga sesuai dengan
penawarannya.Hal itu dapat dibuktikan dengan selalu kembalinya
konsumen untuk menjual atau membeli mobil.
Sebaiknya
perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor lain dalam mencapai
tujuan perusahaan yaitu mencari keuntungan. Karena dalam usaha tidak
semua hanya mencari keuntungan tapi harus memperhatikan faktor lain
dan peraturan yang telah diterapkan pada pemerintah.
Daftar
Pustaka
IBK
Bayangkara, Audit
Manajemen, Salemba
Empat, Jakarta, 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar