WELCOME TO ZHEE'S BLOG

Senin, 11 Mei 2015

Audit Pemasaran

TUGAS PEMERIKSAAN AKUNTANSI 2
AUDIT PEMASARAN
PT. XYZ


Disusun oleh :
                                              Wurri Dewasasri (27212773)
                                           Yosi Krista Agnesti (27212875)
Kelas 3EB14


FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2015


KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan petunjuk dan karuniaNya sehingga tugas Tugas Audit Pemasaran ini dapat terselesaikan. Tugas Audit Pemasaran ini disusun untuk memenuhi mata kuliah Pemeriksaan Akuntansi 2.
Diharapkan tugas Audit Pemasaran ini dapat menjadi salah satu sumber pembelajaran dan bahan diskusi bagi mahasiswa serta pembaca pada umumnya dan juga sebagai inspirasi untuk belajar, dan jangan pernah takut untuk mengembangkan tentang dunia audit pemasaraan.
Ucapan terimakasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah mendorong tersusunya makalah ini, serta bimbingan yang diberikan oleh banyak pihak, oleh karena itu penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada dosen Pemeriksaan Akuntansi 2 yang telah membimbing kami, sehingga dapat terselesaikan tugas ini dengan tepat waktu.
Penulis menyadari bahwa dalam tugas Audit Pemasaran ini masih sangat banyak kekurangan. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan peran aktif dan kritik yang konstruktif dari pembaca demi peningkatan kualitas tugas Audit Pemasaran yang akan penulis buat di masa mendatang.




Depok, 14 Mei 2015


Penulis
BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
CV. ANUGERAH SEJAHTERA adalah perusahaan distribusi yang sepenuhnya dimiliki oleh perusahaan mobil. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2006, namun jaringan distribusi telah berkembang terus-menerus. Ada 20 dealer yang tersebar melalui Indonesia saat ini, termasuk Jakarta, Jawa Timur, Palembang, Pekanbaru, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Bali, dan Medan. Perluasan ini tentu tidak berencana berhenti dan lebih jaringan distribusi akan datang. Perusahaan induknya. Adapun tujuan CV. ANUGERAH SEJAHTERA ini adalah membuat mobil yang fun to drive, untuk mengekspresikan semangat penuh gairah otomotif kenikmatan yang mendorong maju, untuk memuaskan orang-orang yang masih muda di hati dan cinta untuk mengemudi. Adalah salah satu perusahaan mobil unik bahwa nilai-nilai kegembiraan dan pembebasan yang diciptakan oleh gerakan - Zoom-Zoom maka roh adalah di jantung dari setiap mobil. Selanjutnya, dalam menjalankan bisnis tumbuh dan berkembang, CV. ANUGERAH SEJAHTERA Indonesia mempunyai beberapa Visi dan Misi diantaranya :
1. Integritas: Kami terus bertindak dengan integritas terhadap pelanggan kami, masyarakat, dan pekerjaan kita sendiri.
2. Dasar-dasar atau Flawless Execution: Kita mengabdikan diri kita kepada dasar-dasar, dan membuat upaya mantap dalam langkah demi langkah mode.
3. Continuous Kaizen (Continuous Improvement): Kami terus meningkatkan dengan kebijaksanaan dan kecerdikan.
4. Challenger Roh: Kita menetapkan tujuan tinggi dan tetap menantang untuk mencapainya.
5. Self Inisiatif: Kami berpikir dan bertindak dengan "inisiatif diri sendiri".
6. Tomoiku (Mutual Belajar atau People Development): Kita belajar dan mengajar satu sama lain untuk saling kami pertumbuhan dan keberhasilan.

1.2. Tujuan Penelitian
  1. Untuk mengetahui dan menganalisis kegiatan pemasaran di perusahaan
  2. Untuk mengetahui dan menganalisis kelebihan dan kekurangan kegiatan pemasaran di perusahaan tersebut
  3. Untuk mengetahui dan menganalisis naik dan turunnya harga penjualan produk perusahaan tersebut.

1.3. Manfaat Penelitian
  1. Sebagai sumber informasi bagi pihak pemasar produk mobil bekas untuk dapat menentukan kebijakan dan pengembangan strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar, khususnya perilaku konsumen dalam membeli mobil bekas di PT. XYZ
  2. Sebagai penambah khasanah penelitian bagi Program Studi Akuntansi Pasca Sarjana Universitas Gunadarma.
  3. Sebagai penambah dan memperluas pengetahuan bagi peneliti dalam bidang pemasaran.
  4. Sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian pemasaran di masa yang akan datang.




BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Audit Pemasaran
Audit pemasaran adalah pengujian yang komprehensif, sistematis, independen, dan dilakukan secara periodik terhadap lingkungan pemasaran, tujuan, strategi dan aktivitas perusahaan atau unit bisnis, untuk menentukan peluang dan area permasalahan yang terjadi, serta merekomendasikan rencana tindakan untuk meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan.
Tahapan Audit Pemasaran
  1. Audit pendahuluan
  2. Review dan pengujian atas pengendalian manajemen perusahaan
  3. Audit lanjutan
  4. Pelaporan
Tujuan
Mengidentifikasi ancaman-ancaman pemasaran yang dihadapi perusahaan dan merencanakan perbaikan yang diperlukan untuk mengeliminasi ancaman tersebut.







Nama Perusahaan : PT. XYZ
Alamat : Jalan Sejahtera No. 4 Jawa Tengah
Tabel 6.1 Program Audit-Audit Pendahuluan
Nama Perusahaan : PT. XYZ
Program yang diaudit : Pendahuluan
Periode Audit


No. KKA:



Nomor
Kuesioner dan Langkah Kerja
Waktu yang Diperlukan
1.






2.




3.





4.




5.


Tujuan audit

Untuk mengetahui bagaimana pemasaran yang ada pada perusahaan yang sedang mereka jalanin, agar bias mengetahui tentang unsur-unsur, laba dan rugi dalam suatu perusahaan.

Strategi pencapaian tujuan perusahaan

  • Audit stategi pemasara
  • Audit fungsi pemasaran

Rencana jangka pendek dan jangka panjang

Jangka pendek : Memenuhi target penjualan perusahaan
Jangka panjang : Menjadi perusahaan yang terdepan penjualan mobil bekas

Ruang lingkup audit

Kebijakan Penetapan Harga

Produk yang dihasilkan perusahaan

Mobil


Diaudit oleh:


(……………….)
Tanggal: ………….
Jumlah Jawaban
Catatan:
Direview oleh:


(……………….)
Tanggal: ………….
Ya
Tidak









Tabel 6.2 Program Audit–Review dan Pengujian Sistem Pengendalian Manajemen
Nama Perusahaan : PT. XYZ
Program yang diaudit : Review dan Pengujian Sistem Pengendalian Manajemen
Periode Audit


No. KKA:




Nomor
Kuesioner dan Langkah Kerja
Jawaban
Komentar
Ya
Tidak
1.
Tujuan review dan pengujian atas pengendalian manajemen.




2.
Apakah departemen, perusahaan memiliki pernyataan tujuan secara tertulis?

Jika Ya:
Periksa apakah tujuan tersebut tersosialisasikan.
Nilai apakah tujuan tersebut masih relevan dalam lingkungan bisnis saat ini.

Jika Tidak:
Telusuri apa tujuan yang ingin dicapai dari pengoperasian perusahaan tersebut.


Tujuan dari pendirian perusahaan adalah menyediakan lapangan kerja dan mencari keuntungan.
3.
Apakah pemasaran perusahaan menyesuaikan tujuan dengan perubahan kondisi?

Jika Ya:
Apakah tujuan yang berubah ini tetap sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Jika Tidak:
Telusuri bagaimana perusahaan beradaptasi dengan terjadinya perubahan kondisi bisnis.



Secara tidak langsung pemasaran tetap mengikuti perubahan yang terjadi.
4.
Apakah perusahaan memiliki rencana bisnis (business plan) aktual untuk dibandingkan nantinya dengan hasil yang dicapai?

Jika Ya:
Telusuri apakah rencana bisnis tersebut realistis.

Jika Tidak:
Telusuri apa yang menjadi pedoman dalam operasional perusahaan.


Rencana bisnis biasanya dituangkan dalam bentuk target sehingga dapat digunakan sebagai analisa hasil akhir yang dicapai.
Nomor
Kuesioner dan Langkah Kerja
Jawaban
Komentar
Ya
Tidak
5.
Apakah pemasaran melakukan studi terhadap keinginan, sikap, dan perilaku pelanggan, sebelum memutuskan upaya pemasaran yang akan dilakukan?

Jika Ya:
Telusuri peranan hasil studi tersebut dalam penetapan program untuk memuaskan pelanggan.

Jika Tidak:
Telusuri dasar penetapan upaya pemasaran.


Studi yang dilakukan berdasarkan dari pengalaman dan respon dari konsumen.
6.
Apakah perusahaan telah menyusun upaya pemasarannya secara sistematis?

Jika Ya:
Telusuri bagaimana kedudukan organisasi pemasaran dalam struktur dan usaha pencapaian keberhasil perusahaan.

Jika Tidak:
Telusuri bagaimana perusahaan menentukan peran, wewenang, dan tanggung jawab pemasaran dalam pencapaian tujuan perusahaan.


Tenaga pemasaran menjadi penopang utama kelangsungan hidup perusahaan sehingga pemasaran menjadi yang utama dalam perusahaan.
7.
Apakah perusahaan memiliki prosedur perencanaan pasar secara tertulis?

Jika Ya:
  • Telusuri apakah prosedur tersebut dipahami oleh manajemen dan dilaksanakan dalam setiap penyusunan rencana.
  • Nilai apakah prosedur dapat menghasilkan rencana yang tepat sesuai dengan strategi pencapaian tujuan perusahaan.

Jika Tidak:
Telusuri apa yang dijadikan pedoman oleh manajemen dalam menyusun rencana.


Manajemen melakukan perencanaan berdasarkan kondisi di luar.
8.
Apakah perusahaan menggunakan prediksi pasar yang komprehensif dalam menyusun rencana pemasarannya?



Perusahaan memprediksi pasar dari beberapa sumber diantaranya mengamati perusahaan yang serupa dan melakukan perbandingan mobil merek apa yang banyak diminati konsumen dari situ dapat ditarik kesimpulan segmen pasar yang hendak dipilih.
Nomor
Kuesioner dan Langkah Kerja
Jawaban
Komentar
Ya
Tidak

Jika Ya:
  • Telusuri apakah prediksi pasar tersebut dihasilkan dari metode yang tepat.
  • Nilai apakah rencana yang disusun berdasarkan informasi prediksi pasar tersebut realistis.

Jika Tidak:
Telusuri apa yang dijadikan dasar dalam menyusun rencana volume penjualan dan upaya pemasaran pendukungnya.




9.
Apakah upaya pemasaran perusahaan didukung oleh SDM yang memadai?

Jika Ya:
Telusuri komposisi SDM pemasaran baik berdasarkan latar belakang pendidikan, usia, dan pengalaman kerjanya untuk menentukan kemampuannya dalam mendukung pencapaian tujuan pemasaran perusahaan.

Jika Tidak:
Telusuri kontribusi SDM pemasaran dalam mendukung pencapaian tujuan pemasaran perusahaan.


SDM pemasaran memiliki pengalaman kerja pada bidang yang sama sekurang-kurangnya 10 tahun dengan usia bervariasi dan pendidikan minimal SMTA.
10.
Apakah upaya pemasaran perusahaan didukung oleh sistem informasi pemasaran yang memadai?

Jika Ya:
Periksa apakah sistem informasi tersebut mampu mengintegrasikan seluruh upaya pemasaran dan mampu mensuplai informasi untuk pengambilan keputusan dalam bidang pemasaran.

Jika Tidak:
Telusuri bagaimana perusahaan memenuhi kebutuhan informasinya untuk pengambilan keputusan di bidang pemasaran.


Informasi didapat dari surat kabar, internet, bursa otomotif dan asosiasi pedagang mobil.
11.
Apakah perusahaan menjadikan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai kriteria dalam pengambilan keputusan?



Perubahan yang terjadi tidak pernah didokumentasikan, berjalan begitu saja.
Nomor
Kuesioner dan Langkah Kerja
Jawaban
Komentar
Ya
Tidak

Jika Ya:
  • Telusuri apakah perubahan lingkungan itu didokumunetasi dan digunakan sebagai referensi dalam menentukan kebijakan upaya pemasaran.
  • Nilai apakah perubahan lingkungan tersebut cenderung merugikan perusahaan atau sebaliknya.

Jika Tidak:
Nilai bagaimana perusahaan beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang terjadi.




12.
Apakah perusahaan menjadikan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai kriteria dalam pengambilan keputusan?

Jika Ya:
  • Nilai apakah tanggung jawab sosial tersebut telah dikelola dengan baik.
  • Nilai apakah dengan pengelolaan tanggung jawab sosial tersebut dapat mengangkat kesan positif perusahaan di masyarakat.

Jika Tidak:
Telusuri bagaimana perusahaan melaksanakan tanggung jawab sosialnya.


Perusahaan melakukan tanggung jawab social dengan cara mengikuti kegiatan di lingkungan perusahaan sebagai sponsorship.
13.
Apakah perusahaan mengendalikan aktivitas pemasarannya melalui analisis biasa, analisis pasar, dan audit pemasaran?

Jika Ya:
  • Telusuri apakah perusahaan melakukan audit pemasaran secara vertikal atau horisontal.
  • Periksa apakah rekomendasi perbaikan dari hasil audit tersebut telah dilaksanakan.

Jika Tidak:
Telusuri bagaimana perusahaan mengendalikan aktivitas pemasarannya.


Perusahaan menggunakan analisis pasar. Karena analisis pasar tersebut dapat memberikan pengaruh pada perusahaan.
Diaudit oleh:


(……………….)
Tanggal: ………….
Jumlah Jawaban
Catatan:
Direview oleh:


(……………….)
Tanggal: ………….
Ya
Tidak








Tabel 6.8 Program Audit–Kebijakan Penetapan Harga
Nama Perusahaan : PT. XYZ

Program yang diaudit : Kebijakan Penetapan Harga
Periode Audit


No. KKA:




Nomor
Kuesioner dan Langkah Kerja
Jawaban
Komentar
Qs
Lk
Ya
Tidak

1.

Apakah perusahaan memiliki: tujuan, kebijakan, strategi, dan prosedur penetapan harga yang dinyatakan secara tegas?

Jika Ya:
Periksa seberapa efektif tujuan, kebijakan, strategi, dan prosedur tersebut mendukung pencapaian tujuan pemasaran perusahaan.

Jika Tidak:
Telusuri apa yang menjadi dasar dalam penetapan harga produk perusahaan.


Karena harga yang ditentukan pada pelanggan dapat ditawar sesuai dengan kondisi pemasaran yang ada
2.

Apakah strategi harga perusahaan sesuai dengan aturan dan ketentuan pemerintah?

Jika Ya:
Telusuri bagaimana harga yang ditetapkan perusahaan mengadopsi kepentingan pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

Jika Tidak:
Telusuri bagaimana perusahaan menetapkan harga.


Karena bergerak dalam bisnis jual beli mobil bekas maka harga ditentukan oleh keadaan pasar. Naik turunnya harga dipengaruhi oleh banyak factor. Salah satunya adalah dengan banyaknya mobil baru dengan harga murah yang berakibat pada turunnya harga mobil bekas.
3.

Apakah harga ditetapkan berdasarkan kriteria: biaya, permintaan, persaingan?

Jika Ya:
Telusuri bagaimana harga ini menjadi realistis bagi pelanggan dan kontribusinya terhadap keuntungan perusahaan.

Jika Tidak:
Telusuri apa yang menjadi dasar penentuan harga yang ditetapkan perusahaan.


Disesuaikan dengan kondisi mobil yang hendak dijual kembali. Apabila kondisi sangat baik maka harga yang ditawarkan juga tinggi. Apabila keadaannya biasa saja maka harga yang ditawarkan juga akan lebih murah.
4.

Apakah pelanggan melihat bahwa harga perusahaan sesuai dengan penawarannya?


Bisa dibuktikan dengan selalu kembalinya konsumen baik untuk menjual maupun membeli mobil kembali. Biasanya mereka memilih untuk tukar tmbah.
Nomor
Kuesioner dan Langkah Kerja
Jawaban
Komentar
Qs
Lk
Ya
Tidak



Jika Ya:
Telusuri tanggapan pelanggan melalui transaksi pemasaran kembali.

Jika Tidak:
Telusuri komplain pelanggan atas perbedaan antara yang dikomunikasikan perusahaan dengan realitas yang terjadi di pasar.




5.

Apakah manajemen mengetahui tentang elastisitas permintaan harga, pengaruh kurva pengalaman, kebijakan penetapan harga pesaing?

Jika Ya:
Telusuri bagaimana pengaruh informasi tersebut terhadap keputusan harga produk.

Jika Tidak:
Telusuri informasi yang digunakan manajemen dalam mengambil keputusan tentang harga.


Biasanya pihak perusahaan melinat harga pesaing melalui iklan dan browsing di internet dan melihat kondisi dalam bursa otomotif.
6.

Apakah kebijakan penetapan harga telah disesuaikan dengan kebutuhan distributor dan agen penjual, pemasok, serta peraturan pemerintah?

Jika Ya:
Telusuri bagaimana harga yang ditetapkan tersebut dapat menjaga stabilitas margin perusahaan dan distributor.

Jika Tidak:
Telusuri bagaimana harga tersebut dapat mendukung hubungan dengan distributor, pemasok dan peraturan pemerintah.


Karena penjualan yang kita lakukan sudah sesuai dengan peraturanpemerintah, sehingga penetapan harga sudah disesuaikan oleh distributor.
7.

Apakah strategi harga tersebut dapat memuaskan anggota saluran distribusi?

Jika Ya:
Telusuri loyalitas saluran dalam menghantarkan produk perusahaan ke pasar.


Karena kepuasan yang perusahaan berikan dapat menambah pendapatan pada distribusi yang kita jual
Nomor
Kuesioner dan Langkah Kerja
Jawaban
Komentar
Qs
Lk
Ya
Tidak



Jika Tidak:
Telusuri dampak ketidakpuasan tersebut terhadap keberadaan produk di pasar.




Diaudit oleh:


(……………….)
Tanggal: ………….
Jumlah Jawaban
Catatan:
Direview oleh:


(……………….)
Tanggal: ………….
Ya
Tidak







BAB III
KESIMPULAN AUDIT

Kesimpulan Tabel 6.2 Program Audit – Review dan Pengujian Sistem Pengendalian Manajemen
Perusahaan memiliki tujuan perusahaan secara tertulis yaitu untuk mencari keuntungan.Tujuan perusahaan dapat berubah seiring dengan kondisi dari luar perusahaan. Rencana perusahaan biasanya dituangkan dalam bentuk target sehingga dapat dilakukan analisa hasil akhir. Perusahaan melakukan kegiatan pemasaran secara sistematis.Perusahaan sebelumnya telah melakukan studi terhadap keinginan, sikap dan perilaku pelanggan seperti respon dari pelanggan mengenai produk kita.Dalam memasarkan produk perusahaan mempunyai pesaing. Untuk itu perusahaan dapat memprediksi dari berbagai sumber antara lain mengamati perusahaan serupa dan melihat mobil apa yang diminati oleh masyarakat. Dalam melakukan pemasaran perusahaan didukung oleh sistem informasi pemasaran yang memadai seperti surat kabar, internet, bursa otomotif dan asosiasi pedagang mobil.

Kesimpulan Tabel 6.8 Program Audit – Kebijakan Penetapan Harga
Perusahaan tidak memiliki tujuan, kebijakan, strategi, prosedur dan penetapan harga secara tegas.Hal tersebut dikarenakan perusahaan berpatokan pada harga pasar.Apabila harga pasar tinggi, harga mobil mahal.Apabila harga pasar rendah, harga mobil murah.Untuk menetapkan harga, perusahaan mempertimbangkan kriteria biaya, permintaan dan persaingan seperti kondisi mobil.Apabila kondisi bagus maka harga tinggi, begitu juga sebaliknya.Perusahaan melihat harga sesuai dengan penawarannya.Hal itu dapat dibuktikan dengan selalu kembalinya konsumen untuk menjual atau membeli mobil.

  1. Kesimpulan dari hasil pemeriksaan, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Tentukan kriteria atau standar (pedoman, norma) dari produk tersebut
  • Kriteria atau standar dari perusahaan tersebut adalah berdasarkan harga pasar. Sehingga perusahaan akan menyesuaikan harga produk yang dijual dengan harga pasar. Jika harga pasar tinggi maka penjualaan akan mahal dan sebaliknya jika harga pasar rendah maka penjualan murah.

  1. Sebutkan kondisi dari produk tersebut
  • Kondisi dari produk perusahaan tersebut adalah bagus dan berkualitas, karena perusahaan tidak mungkin menjual produk dengan kualitas rendah. Sehingga kepuasaan pelanggan dapat meningkatkan penjualan dalam perusahaan tersebut

  1. Sebutkan penyebab (baik positif maupun negative) dari program / aktivitas berdasarkan hasil pemeriksaan
  1. Positif :
  • Akan memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam setiap penjualan mobil yang dijual.
  1. Negatif :
  • Akan menjadikan orang-orang berlaku komsumtif. Karena adanya mobil bekas yang terjangkau harganya dipasaran. Sehingga semua orang mudah untuk membelinya.

  1. Apa akibat yang dihasilkan dari kondisi tersebut terhadap keuangan maupun non keuangan
  1. Keuangan
  • Dengan kegiatan pemasaran tersebut perusahaan menghasilkan pendapatan yang berguna untuk kelangsungan perusahaan. Jika pendapatan melampui target maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan atau laba.
  1. Non keuangan
  • Dengan kegiatan pemasaran tersebut perusahaan dapat menjual produknya ke masyarakat. Dalam kegiatan pemasaran perusahaan mengupayakan usaha-usaha sehingga produk perusahaan tersebut dapat diketahui oleh masyarakat dan berminat untuk membelinya.

  1. Berikan rekomendasi atas temuan anda
  • Sebaiknya perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor lain dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu mencari keuntungan. Karena dalam usaha tidak semua hanya mencari keuntungan tapi harus memperhatikan faktor lain dan peraturan yang telah diterapkan pada pemerintah.




BAB IV
REKOMENDASI

Permasalahan Dalam Temuaan Audit
Tabel 6.2 Program Audit-Review dan Pengujian sistem pengendalian manajemen.
  1. Apakah departemen perusahaan memiliki pernyataan tujuan secara tertulis ?
Jawab : tidak tujuan dari pendirian perusahaan adalah menyediakan lapangan kerja dan mencari keuntungan.
Permasalahannya : seharusnya perusahaan memiliki tujuan tertulis agar apa yang kita lakukan atau yang sedang kita kerjakan bisa berjalan sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang telah kita buat sebelumnya dan ketentuan yang sudah tertulis itu tidak dimanipulasi lagi oleh anggota atau karyawan yang ada.

7.) Apakah perusahaan memiliki prosedur perencanaan pasar secara tertulis ?
Jawab : tidak manajemen melakukan perencanaan berdasarkan kondisi pasar
Permasalahannya : Seharusnya perusahaan memiliki caratan atau perencanaan secara tertulis karena perencanaan yang secara tertulis itu dapat memberikan jalan pemasaraan dipasarnya. Agar kita bisa mengetahui naik turunnya kondisi dalam pasar. Dengan adanya prosedur yang tertulis dapat memudahkan perusahaan dalam menjalankan prencanaan yang ada dalam pasar.

12.) Apakah perusahaan menjadikan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai kreteria dalam pengambilan keputusan ?
Jawab : tidak perusahaan melakukan tanggung jawab sosial dengan cara mengikuti kegiatan dilingkungan perusahaan sebagai sponsorship.
Permasalahnya : Perusahaan memag seharusnya selalu mengikuti lingkungan disekitarnya dan lingkungan pasar. Karena dengan adanya kita mengikuti lingkungan yang ada, Perusahaan dapat mengetahui permintaan dan penawaran yang ada dalam lingkungan pasar dan pengetahui perkembangan pasar untuk dimassa yang akan datang.

Tabel 6.8 Program Audit-Kebijakan Penetapan Harga
  1. Apakah perusahaan memiliki tujuan kebijakan strategi dan prosedur penetapan harga yang dinyatakan secara tegas ?
Jawab : tidak karena harga yang ditentukan pada pelanggan dapat ditawarkan sesuai dengan kondisi pemasaran yang ada.
Permasalahannya : Perusahaan memang seharusnya harus menyesuaikan penawaran dengan kondisi pasar yang ada, karena dengan adanya kita menyesuaikan penawaran yang ada dipasar kita dapat memberikan kepuasan pada pelanggan yang ingin berlagganan kepada kita da memberikan kenyamanan dengan menyesuaikan tarif yang ada.

  1. Apakah strategi harga perusahaan sesuai dengan aturan ketentuan pemerintah ?
Jawab : tidak Karena bergerak dalam bisnis jual beli mobil bekas maka harga yang ditentukan oleh keadaan pasar. Naik turunnya harga dipengaruhi oleh banyaknya faktor. Salah satunya adalah dengan banyaknya mobil baru dengan harga murah yang berakibat pada turunya harga mobil bekas.
Permasalahnnya : Perusahaan memang seharusnya menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, Karena dengan adanya mobil baru dengan harga murah dapat menurunkan produk dalam penjualan mobil bekas. Jadi perusahaan tidak perlu menyesuaikan harga dengan pemerintah,Seharusnya memang menyesuaikan dengan kondisi pasaran yang ada dikalangan pasarnya sendiri.




BAB V
PENUTUP
Perusahaan memiliki tujuan perusahaan secara tertulis yaitu untuk mencari keuntungan.Tujuan perusahaan dapat berubah seiring dengan kondisi dari luar perusahaan. Rencana perusahaan biasanya dituangkan dalam bentuk target sehingga dapat dilakukan analisa hasil akhir. Perusahaan melakukan kegiatan pemasaran secara sistematis.Perusahaan sebelumnya telah melakukan studi terhadap keinginan, sikap dan perilaku pelanggan seperti respon dari pelanggan mengenai produk kita.Dalam memasarkan produk perusahaan mempunyai pesaing. Untuk itu perusahaan dapat memprediksi dari berbagai sumber antara lain mengamati perusahaan serupa dan melihat mobil apa yang diminati oleh masyarakat. Dalam melakukan pemasaran perusahaan didukung oleh sistem informasi pemasaran yang memadai seperti surat kabar, internet, bursa otomotif dan asosiasi pedagang mobil.
Perusahaan tidak memiliki tujuan, kebijakan, strategi, prosedur dan penetapan harga secara tegas.Hal tersebut dikarenakan perusahaan berpatokan pada harga pasar.Apabila harga pasar tinggi, harga mobil mahal.Apabila harga pasar rendah, harga mobil murah.Untuk menetapkan harga, perusahaan mempertimbangkan kriteria biaya, permintaan dan persaingan seperti kondisi mobil.Apabila kondisi bagus maka harga tinggi, begitu juga sebaliknya.Perusahaan melihat harga sesuai dengan penawarannya.Hal itu dapat dibuktikan dengan selalu kembalinya konsumen untuk menjual atau membeli mobil.
Sebaiknya perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor lain dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu mencari keuntungan. Karena dalam usaha tidak semua hanya mencari keuntungan tapi harus memperhatikan faktor lain dan peraturan yang telah diterapkan pada pemerintah.



Daftar Pustaka

IBK Bayangkara, Audit Manajemen, Salemba Empat, Jakarta, 2014
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar